Menu
0812-809-3933

Jl. Raya Boulevard GRAHA RAYA BINTARO, Ruko Venice Blok JE 11, TANGERANG SELATAN

Pertimbangan Dalam Menentukan Harga Jual Properti

Saturday, January 23rd 2016.

Dalam perjual belian tanah, kesabaran dan taktik tertentu adalah beberapa unsur yang sangat di butuhkan. Pasalnya, dalam menjual properti seperti ini banyak hal yang harus dipersiapkan, baik oleh penjual maupun pembeli. Calon pembeli pun juga akan memilih-milih, hal ini akan lebih sulit, apalagi jika pesaing sudah sangat banyak.

Beberapa dari kita banyak yang mencoba untuk menjual atau menyewakan propertinya tapi tidak laku juga. Sebagian besar mengaku bahwa dia telah memasang harga terlalu tinggi. Bahkan ada juga yang sebaliknya, memasang harga terlalu rendah, jadi tidak mendapatkan apapun. Jika sudah begini, maka beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini bisa anda pertimbangkan sebelum memasang harga.

Pertimbangan pertama adalah meninjau dari Nilai Jual Objek Pajak. NJOP ini dapat dilihat di tagihan Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. Untuk menentukan harga jualnya, lihat perbandingan dengan NJOP tersebut. Jika empat kali lipat dari NJOP, maka dapat dikatakan mahal. Jika satu sampai tiga kali lipat NJOP, maka dapat disebut harga normal. Dan jika kurang NJOP, itu dapat dikatakan murah.

Selanjutnya adalah menyesuaikan dengan harga pasaran. Harga ini biasanya jauh berbeda dari NJOP. Hal ini mungkin dikarenakan tanah milik developer. Cara untuk menentukan harganya adalah dengan mengkalkulasikan antara luas tanah dikali harga pasaran.

Pertimbangan selanjutnya  adalah dari segi bangunan beserta luas tanah. Cara menemukan harga propertinya adalah dengan menambahkan nilai tanah dengan nilai bangunan. Nilai tanah ini, didapat dari mengakumulasikan luas tanah yang dikali dengan harga pasaran. Sedangkan untuk nilai bagunan, adalah dengan mengkalikan luas bangunan dengan harga pasaran bangunan dan juga depresiasi. Luas bangunan adalah total dari seluruh lantai. Jika memiliki dua lantai, maka jumlahkan luas lantai satu dan lantai ke-dua, begitu seterusnya. Sedangkan depresiasi adalah penyusutan pertahunya.

Setelah itu, nilai suatu tempat tersebut juga dapat menjadi patokan harga. Misalnya faktor sejarah, seperti tempat peninggalan R.A Kartini atau Bung Hatta. Dan juga faktor lingkungan, apakah nyaman, di tepi jalan, ramai dan sebagainya. Faktor fengsui juga terlibat. Apalagi bagi mereka yang percaya akan hal itu, semahal apapun harga jika anggapan fengsuinya bagus, akan dibeli juga.

Fasilitas juga dapat mempengaruhi . Seperti letak tempat wisata yang dekat atau tempat hiburan yang dekat, pemandangan yang sangat indah, dekat dengan lingkungan pantai, dekat dengan pusat perbelanjaan atau tempat sarana olah raga.fasilitas-fasilitas luar inilah yag dapat menunjang harga properti. Dibandingkan dengan tempat yang jauh dari manapun, lokasi yang dekat dengan banyak fasilitas seperti ini akan lebih banyak dicari orang, dan ketika demand nya sudah meningkat, maka harga pun secara perlahan akan ikut meningkat pula.

Properti Terbaru

Rekomended
Rumah Murah | PAMULANG PARK RESIDENCE

Rumah Murah | PAMULANG PARK RESIDENCE

Rp. 500 Jutaan
JL. KEMUNING 5 UNPAM
Lt/Lb : 60 m2 m² / 36 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
RUMAH DIJUAL BINTARO

RUMAH DIJUAL BINTARO

Rp. 1.890.000.000
JL. TERATAI GRAHA RAYA
Lt/Lb : 250 m² / 314 m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Pamulang Murah | TRIA Adara Residence 9

Rumah Pamulang Murah | TRIA Adara Residence 9

Rp. 585.000.000,-
Jl. Rean Pamulang
Lt/Lb : 63 m2 m² / 36 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
ROYAL MANSION 2

ROYAL MANSION 2

Rp. 627.000.000
JL. ANGREK VILLA DAGO
Lt/Lb : 72 m² / 60 m²
Lihat Detail »
Promo
RUMAH DIJUAL 2 Lantai Termurah | KAISAR SERPONG 2

RUMAH DIJUAL 2 Lantai Termurah | KAISAR SERPONG 2

Rp. 500.000.000,-
Jl. Gotong Royong Gn. Sindur Puspitek
Lt/Lb : 60 m2 m² / 36 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Adipati RESIDENCE BINTARO | Jual Rumah GRAHA RAYA

Adipati RESIDENCE BINTARO | Jual Rumah GRAHA RAYA

Rp. 700 Jutaan
JL PONDOK SERUT, BOULEVARD UTAMA GRAHA BINTARO
Lt/Lb : 60 m2 m² / 45 m2 m²
Lihat Detail »