Menu
0812-809-3933

Jl. Kebayoran Graha Raya Bintaro Tangerang Selatan

Tahapan Jual Beli Tanah

Saturday, January 23rd 2016.

 

Jual beli tanah atau bangunan merupakan hal yang sering sekali terjadi belakangan ini. Tidak hanya di kota besar saja yang benyak melakukan transaksi ini, sampai ke daerah kecil pun transaksi jual beli tanah ini banyak terjadi. Alasan utamanya adalah semakin bertambahnya penduduk dan jumlah permintaan akan lahan tempat tinggal pun jadi meningkat.

Dalam proses jual beli tanah, alurnya tidak semudah jual beli makanan atau barang. Terdapat beberapa syarat seperti Terang, Tunai dan Riil. Terang adalah proses yang dijalankan di hadapan Pejabat Umum yang berwenang. Tunai adalah pembayaran secara tunai, sedangkan Riil adalah proses dilakukan secara nyata.

aSaat menjual tanahpun, haruslah ada Akta Jual Beli atau yang sering disingkat AJB. Terdapat beberapa persyaratan yang harus ada saat membuat Akta Jual Beli tanah di kantor PPAT. Syarat-syarat tersebut tertera di bawah ini :

  • Sertifikat hak milik tanah yang asli
  • Memiliki bukti pembayaran sepuluh tahun terakhir  Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan atau bukti PBB
  • Surat tanda persetujuan dari seluruh anggota keluarga. Di sini, jika tanah yang dijual adalah tanah warisan, maka seluruh anggota keluarga yang namanya tercantum sebagai ahli waris haruslah menyetujui dan juga menandatangani surat persetujuan. Jika salah satu saja tidak setuju, maka proses jual beli tidak akan sah.
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP

Setelah beberapa syarat di atas sudah terpenuhi, maka saatnya untuk mengurus AJB tersebut di kantor PPAT. Terdapat beberapa tahap proses yang akan di lalui di kantor ini. Pertama adalah pemeriksaan terhadap keaslian dari sertifikat tersebut, apakah sertifikat dalam kondisi aman untuk diperjual belikan atau tidak.

Setelah itu, pembayaran Pajak Penghasilan (Pph) oleh si penjual tanah dengan ketentuan : Pajak Penjual (Pph) = NJOP/harga jual X 5 % , dan pembeli harus membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Anggunan (BPHTB) dengan ketentuan ini :Pajak Pembeli (BPHTB) = {NJOP – nilai yang tidak kena pajak} X 5%.

Setelah itu, barulah pembuatan akta jual beli. Pada tahap ini, penjual dan calon pembeli haruslah hadir. Selain mereka, diharuskan pula kehadiran dua orang saksi. Lalu, PPAT akan menjelaskan isi dan tujuan pembuatan akta dan diikuti dengan penandatanganan jika semua pihak setuju. Terakhir adalah pembuatan dua lembar akta asli, satu satu untuk PPAT dan satu lagi akan untuk kantor pertanahan. Untuk salinannya akan diberikan ke masing-masing pihak.

Setelah proses di atas selesai, maka berkas-berkas tersebut akan dilimpahkan ke Kantor Pertanahan. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih selama empat belas hari. Setelah waktu empat belas hari ini, maka pembeli dapat dan berhak mengambil sertifikat yag sudah dibalik nama di kantor pertanahan.

Properti Terbaru

Sudah Laku
Prabu RESIDENCE | Rumah BINTARO

Prabu RESIDENCE | Rumah BINTARO

Rp. 689.000.000,-
Jl. Kebayoran Regency No 83, Pakujaya Pondok Serut
Lt/Lb : 60 m² / 65 m²
Lihat Detail »
Terbaik
TRIA ADARA RESIDENCE 10

TRIA ADARA RESIDENCE 10

JL. KEMUNING 5 UNPAM
Lt/Lb : m² / m²
Lihat Detail »
Promo
Rumah Pamulang Murah | TRIA Adara Residence 9

Rumah Pamulang Murah | TRIA Adara Residence 9

Rp. 585.000.000,-
Jl. Rean Pamulang
Lt/Lb : 63 m2 m² / 36 m2 m²
Lihat Detail »
Promo
RUMAH DIJUAL 2 Lantai Termurah | KAISAR SERPONG 2

RUMAH DIJUAL 2 Lantai Termurah | KAISAR SERPONG 2

Rp. 500.000.000,-
Jl. Gotong Royong Gn. Sindur Puspitek
Lt/Lb : 60 m2 m² / 36 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
Adipati Residence | Rumah Bintaro Dijual

Adipati Residence | Rumah Bintaro Dijual

Rp. 700 Jutaan
JL. PONDOK SERUT, BOULEVARD GRAHA RAYA BINTARO
Lt/Lb : 60 m2 m² / 45 m2 m²
Lihat Detail »
Sudah Laku
GREEN CASA BINTARO | Termurah di GRAHA RAYA

GREEN CASA BINTARO | Termurah di GRAHA RAYA

Rp. 739.000.000,-
PONDOK SERUT, GRAHA RAYA BINTARO
Lt/Lb : 60 m2 m² / 48 m2 m²
Lihat Detail »